BettaGuppy.com

All About Betta & Guppy Fish

Cara Tepat Mengobati Aeromonas, White Spot dan Sisik Nanas pada Cupang

ElbayuPenyakit pada ikan cupang bermacam-macam. Misalnya white spot dan sisik nanas. Penyakit white spot menyerang ikan yang masih burayak sampai dewasa. Salah satu penyebabnya adalah kualitas air yang buruk. Cupang yang masih berusia seminggu memerlukan asupan makanan yang cukup dan rutin, jika peternak telat ngasih makan bisa berakibat burayak mudah terkena penyakit dan akhirnya banyak yang mati. Pakan terbaik cupang umur seminggu sampai sebulan adalah artemia dan kutu air.

Pengalaman BettaGuppy saat merawat burayak potensi keberhasilannya lebih besar menggunakan pakan kutu air daripada artemia, selain kultur artemia cukup merepotkan, cangkang artemia juga cepat membuat air kotor yang menyebabkan ikan mudah terkena penyakit.

Penanganan cupang saat terkena white spot cukup mudah. BettaGuppy biasanya menggunakan obat Elbayu. Selain untuk mengobati penyakit white spot dan sisik nanas obat ini juga efektif untuk pengobatan penyakit infeksi ikan yang disebabkan bakteri aeromonas dengan ciri-ciri benjolan merah pada badan ikan dan bakteri columnaris yang memiliki ciri-ciri insang busuk.

Elbayu banyak dijual di toko ikan hias maupun marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak maupun Shopee. Obat yang berwarna kuning ini tersedia dalam kemasan sachet 5 gram dan kemasan 50 gram. Yang 5 gram harganya sekitar Rp. 22.000,-

Elbayu adalah obat untuk ikan yang memiliki kandungan aktif Nifurstyrenat-Sodium. Kandungan ini sangat efektif terhadap Aeromonas. Kelebihan Elbayu juga karena bahannya yang cepat diserap ke dalam tubuh ikan dan menunjukkan hasil yang baik untuk melawan serangan bakteri Aeromonas. Bakteri Aeromonas dapat menginfeksi semua ukuran ikan bahkan menyebabkan tingkat kematian hingga 80 persen dalam jangka waktu 1-2 minggu.

Penyakit aeromonas pada ikan disebabkan oleh kondisi sanitiasi atau nutrisi yang kurang atau karena perubahan suhu yang drastis. Infeksi aeromanis pada ikan dapat dikenali dengan munculnya benjolan merah pada tubuh ikan.

Cara penggunaan Elbayu untuk ikan cupang larutkan Elbayu dengan air bersih perbandingan 1 : 2 liter air. Rendam ikan yang terkena penyakit dengan larutan Elbayu selama kurang lebih 24 jam. Saat penyakit sudah hilang kemudian ikan dimasukkan ke dalam air ketapang yang agak pekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!