Yang Harus Dilakukan Saat Cupang Ditinggal Mudik

Saat musim lebaran tiba, saat itu juga yang kita tunggu. Bisa berkumpul dengan kerabat dan saudara di kampung halaman. Namun bagi para breeder tidak akan bisa tenang ninggalin piaraan yang begitu banyak tanpa adanya treatment terlebih dahulu.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, salah satunya memberi pakan yang banyak. Namun ternyata hal itu salah. Yang ada ikannya bisa mati dikarenakan air yang keruh dan bau. Ikan cupang dewasa bisa bertahan sampai 5 hari tanpa kita kasih pakan, namun hal itu tidak berlaku pada ikan yang masih kecil (burayak).

Salah satu solusinya adalah menggunakan autofeeder. Autofeeder yang cukup bagus di pasaran adalah Resun AF2005D dan Resun AF2009D. Keduanya sama-sama memiliki pengaturan digital. Namun, Resun AF2005D memiliki ukuran dan daya tampung lebih besar. Resun AF2005D menggunakan daya 2 buah baterai AA, sedangkan Resun AF2009D menggunakan daya 2 buah baterai AAA.

Kedua alat ini memiliki pengaturan pemberi pakan otomatis sebanyak 4 kali dalam sehari. Setiap satu waktu bisa di-set satu atau dua kali taburan. Jenis pakan yang digunakan bisa berbentuk pelet atau serpihan. Dengan alat ini kita tidak perlu khawatir cupang-cupang kita tinggal mudik.

Post Author: bettaguppy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *