BettaGuppy.com

All About Betta & Guppy Fish

Cara Mudah Ternak Ikan Guppy

BEKASI (22/09/2019) – Beternak ikan guppy sepertinya jauh lebih mudah daripada beternak ikan cupang. Tidak butuh tempat yang luas, pakan yang murah, dan tidak harus menggunakan mesin aerator. Ember bekas es krim diameter 22 cm pun bisa untuk memulai ternak ikan guppy. Ikan guppy digemari masyarakat karena keindahan warna pada sirip dan ekornya.

Ikan guppy yang mempunyai nama latin Poecilia Reticulata ini biasanya hidup di danau, rawa-rawa dan sungai yang aliran airnya tenang. Ikan guppy berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, menyebar ke Indonesia dengan sangat cepat. Hampir di semua perairan air tawar terdapat ikan guppy. Guppy liar biasa makan kutu air, jentik nyamuk, sisa makanan, maupun cacing yang terdapat di endapan sungai.

Budidaya ikan kecil ini cukup mudah. Guppy jantan biasanya berukuran lebih kecil dari betinanya, mempunyai warna yang indah dan sirip yang lebar. Sedangkan guppy betina mempunyai badan yang lebih besar dan perut yang buncit, namun sirip dan ekornya tidak selebar guppy jantan.

Beberapa hal yang perlu disiapkan dalam beternak ikan guppy:

  1. Sepasang ikan guppy (jantan dan betina)
  2. Wadah (akuarium, ember, atau kolam)
  3. Air tawar yang sudah diendapkan minimal 24 jam.
  4. Pakan ikan yang butirannya kecil, misalnya Prima Feed 500, namun bisa juga menggunakan pakan alami (kutu air, cacing sutera atau jentik nyamuk).
  5. Tempat nasi atau jaring-jaring besi.
  6. Lebih baik menggunakan tanaman air (ganggang) untuk menstabilkan kualitas air, namun hal ini tidak wajib.

Setelah peralatan siap, sepasang ikan guppy dimasukkan ke dalam tempat pemijahan. Penggunaan tempat nasi atau jaring besi berfungsi agar burayak guppy tidak dimakan induknya.

Pemesanan indukan ikan guppy dapat dibeli di Tokopedia BettaGuppy, klik untuk informasi selengkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!