BettaGuppy.com

All About Betta & Guppy Fish

Cara Agar Anak Ikan Guppy Jantan Semua

BEKASI (18/11/2019) – Salah satu faktor keberhasilan penjualan ikan guppy adalah ketersediaan stok. Sering kali peternak terkendala ikan guppy lahir kebanyakan betina. Padahal ikan kecil ini biasanya dijual per pasang. Untuk menjadikan ikan guppy mayoritas jantan maka diperlukan cara khusus, yaitu menggunakan Hormon Methyltestosteron. 

Hormon Methyltestosteron digunakan untuk merubah kelamin ikan betina jadi jantan. Hormon yang juga biasa disebut hormon androgen ini bisa dibeli di toko online. Hormon androgen powder atau ampul cair mempunyai fungsi vilirisasi – maskulinisasi – reversal (pembalikan jenis kelamin hewan ternak atau ikan) ke arah kelamin tunggal jantan melalui oral / pakan, perendaman, dipping dan injeksi . Aplikasi sangat bergantung pembudidaya biota. Hormon ini juga berfungsi meningkatkan libido ikan.

Pemberian hormon dilakukan pada induk ikan betina yang tengah hamil dengan cara direndam dalam larutan hormon. Waktu pemberian hormon yang tepat 2 minggu setelah pemijahan. Dosisnya 2mg/liter air, perendaman selama 24 jam.

Teknik pengarahan jenis kelamin ini dikenal dengan istilah sex reversal. Teknik sex reversal sudah berhasil diaplikasikan kebeberapa jenis ikan seperti ikan mas dan beberapa jenis ikan hias seperti ikan cupang dan ikan guppy.

Pengarahan jenis kelamin ikan cupang kearah jantan dilakukan dengan menggunakan hormon androgen 17 α-methyltestosteron. Dosis hormon yang digunakan adalah 20 mg/l air perendaman. Pembuatan larutan hormon 20 mg/l dilakukan dengan cara melarutkan hormon sebanyak 20 mg, kemudian dilaritkan dalam 1 ml alkohol 70%, dan selanjutnya dimasukkan kedalam air yang akan dipakai merendam sebanyak 1 liter. Air yang telah diberi hormon diaerasi beberapa saat sebelum dilakukan perendaman. Hal ini dilakukan untuk meratakan hormon dalam air dan membantu penguapan alkohol.

Perendaman dalam larutan hormon dilakukan terhadap telur (embrio) fase bintik mata yang terjadi sekitar 30 jam setelah pemijahan. Banyaknya telur yang direndam dalam setiap liter air berhormon berkisar antara 3000-5000 butir. Wadah yang digunakan untuk perendaman sebaiknya yang memiliki dasar yang lebar agar pemanfaatan hormon dalam air semaksimal mungkin. Untuk memudahkan pengambilan telur-telur setelah diberi perlakuan hormon, telur-telur tersebut bisa dimasukkan kedalam saringan teh yang halus sebelum dimasukkan kedalam wadah perendaman. Lama perendaman untuk ikan cupang adalah 8 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!