BettaGuppy.com

All About Betta & Guppy Fish

Cara Mengolah Daun Ketapang untuk Cupang

GRESIK (24/11/2020) – Ikan cupang agar lebih cantik dan tetap sehat tentu membutuhkan perawatan yang baik. Perawatan ikan cupang sangat mudah dan tidak memutuhkan biaya yang besar. Banyak sumber daya alam di sekitar kita yang bisa digunakan untuk merawat atau mengobati ikan cupang kesayangan. Salah satunya dengan memanfaatkan daun ketapang. Daun ketapang yang kita gunakan untuk cupang hendaknya diolah dahulu agar tidak terkontaminasi dengan bakteri dan kotoran.

Daun ketapang yang kita gunakan adalah daun ketapang laut yang daunnya lebar tapi lurus, bukan ketapang kencana yang daunnya kecil. Bukan pula daun ketapang darat yang berdaun lebar namun bergelombang. Pohon ketapang yang akan kita ambil daunnya sering kali terdapat di dekat jalan, dekat kolam, sekitar pantai dan kadang-kadang ada pula di kebun. Jika dilihat dari kualitasnya paling bagus jika kita mencarinya di tepi pantai atau tepi kolam. Biasanya setelah kita rendam airnya lebih pekat dan tidak mengeluarkan banyak minyak. Lebih bagus menggunakan daun kering yang telah jatuh daripada mengeringkan sendiri dari daun yang masih hijau.

Daun ketapang yang akan kita gunakan hendaknya diolah terlebih dahulu agar lebih sehat dan praktis. Berikut kami jelaskan langkah-langkah sederhana mengolah daun ketapang:

  1. Ambil daun ketapang kering yang telah jatuh dari pohon. Usahakan yang berwarna merah.
  2. Cuci daun menggunakan air bersih.
  3. Rendam dengan air yang sudah diberi garam ikan selama 30 detik.
  4. Tiriskan daun dan jemur sampai kering.
  5. Daun ketapang siap digunakan.

Setelah diolah daun ketapang bisa disimpan dan kita potong kecil-kecil agar lebih praktis. Ikan cupang bisa dikasih rendaman air dari daun ketapang atau dikasih langsung dari potongan daun. Daun ketapang mengandung asam organik seperti humic dan tannin. Fungsi daun ketapang untuk ikan cupang bisa dibaca di artikel Fungsi Daun Ketapang untuk Ikan Cupang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!