BettaGuppy.com

All About Betta & Guppy Fish

Perbedaan Cupang Jantan dan Betina

SLEMAN (04/11/2020) – Eksistensi ikan cupang kembali menggeliat saat ini, dikarenakan banyak orang harus beraktivitas di dalam rumah akibat dari pandemi Covid-19. Bahkan para artis pun banyak yang mendadak hobbi memelihara ikan cupang. Harga ikan cupang pun akhirnya meroket hingga jutaan rupiah. Khususnya ikan cupang kategori sultan seperti cupang koi multicolor, avatar, rosetail halfmoon dan bluerim. Bagi penghobi pemula sering kali susah untuk membedakan ikan cupang jantan dan betina.

Berikut sekilas perbedaan ikan cupang jantan dan betina:

  1. Ikan cupang jantan memiliki bentuk sirip dan ekor yang lebih panjang dari betinanya, baik cupang plakat, halfmoon maupun slayer.
  2. Ikan cupang jantan memiliki perut yang lebih ramping daripada betina, terkecuali saat cupang habis sarapan.
  3. Ikan cupang jantan gerakannya lebih agresif daripada betina.
  4. Ikan cupang betina memiliki bintik telur di bawah tubuhnya, sedangkan cupang jantan tidak punya.
  5. Ikan cupang jantan tidak boleh ditempatkan dalam satu wadah akuarium dengan cupang jantan lainnya. Sedangkan betina bisa dicampur di dalam satu wadah.

Peternak cupang yang bisa memahami karakter cupang jantan dan betina dengan baik tentu akan meningkatkan prosentase keberhasilan pemijahan. Baik cupang jantan maupun cupang betina yang akan dipijahkan harus berusia minimal 5 bulan. Jika usia ikan kurang dari 5 bulan potensi resiko kegagalan menjadi lebih tinggi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!