BettaGuppy.com

All About Betta & Guppy Fish

Jenis-jenis Ikan Cupang

Ikan cupang merupakan ikan hias berukuran kecil yang memiliki warna dan jenis yang beraneka ragam dan penuh pesona. Ikan yang habitat aslinya berada di rawa ini memiliki peluang bisnis yang bagus, selain itu juga sangat mudah berkembang biak.

Banyak kalangan yang menyukai ikan cupang, dari anak kecil sampai orang dewasa banyak yang hobi memelihara ikan cupang, tidak heran jika ikan cupang jenis tertentu dihargai hingga jutaan rupiah. Selain untuk hiasan, ikan cupang sering dijadikan media taruhan, terutama ikan cupang jenis bagan yang biasanya diadu. Nama bagan diambil dari nama Kota Bagan Siapi Api di Sumatera Utara, karena memang cupang ini berasal dari sana.

1. Halfmoon (setengah bulan)

Cupang jenis ini memiliki sirip dan ekor yang lebar dan simetris menyerupai bentuk bulan setengah. Jenis cupang ini pertama kali dibudidaya di Amerika Serikat oleh Peter Goettner pada tahun 1982. Sirip nya bisa mengembang sampai setengah lingkaran. Cupang ini yang mendatangkan banyak rejeki. Baik warna, sirip dan ekornya sangat memikat. Half moon adalah cupang asal Thailand. Kurun waktu sepuluh tahun ke belakang ikan ini merambah pasaran Indonesia. Kemampuan sirip bisa mengembang hingga seratus delapan puluh derajat.

2. Crowntail (ekor mahkota) atau serit

Ikan cupang serit memiliki ciri sirip bergerigi dan menjuntai panjang mirip sisir. Cupang ini berasal dari perairan Indonesia. Harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah, bila kualitasnya ekspor.

3. Plakat

Plakat bentuknya hampir sama dengan tipe petarung. Namun bila amarahnya terusik, tipe plakat ini akan mengembangkan siripnya hingga tegak melebihi 180 derajat, inilah yang membedakan dengan cupang petarung.

4. Giant (cupang raksasa)

Cupang jenis ini merupakan hasil perkawinan silang antara cupang biasa dengan cupang alam, cupang jenis ini ukurannya bisa mencapai 12 cm.

5. Double tail (ekor ganda)

Ikan cupang jenis ini memiliki buntut/ekor yang lebar sehingga agak menutupi bagian ekor lainnya.

 

error: Content is protected !!